6 Cara Ampuh Membangun Quality Backlink

On Friday, March 20, 2009

Membangun backlink berkualitas merupakan tahapan yang penting bagi setiap blogger atau pemilik situs di Internet yang menginginkan situsnya benar-benar dikunjungi.

Apa sih backlink itu?
Backlink adalah link dari situs orang lain ke situs anda.

Kenapa anda perlu membangun backlink berkualitas?
Ada beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh dengan membangun backlink berkualitas:

1. Limpahan traffic pengunjung dari situs yang memasang link anda.
2. Link Popularity merupakan salah satu faktor penting yang diperhitungkan oleh Google untuk menentukan Page Rank sebuah situs.
3. Dengan semakin tingginya Page Rank situs anda, google akan semakin tinggi menempatkan halaman situs anda pada hasil pencarian google. Sehingga anda akan memperoleh limpahan traffic gratis dari hasil pencarian google.

Mengapa saya sebut backlink berkualitas?
Sederhana, sebab ada mekanisme cara untuk membangun backlink yang tidak berkualitas (contoh FFA Link Subimtter, dsb) yang membangun ribuan backlink dengan cepat ke situs anda, namun link tersebut bukan berasal dari situs-situs yang memiliki konten yang baik dan relevan dengan situs anda .

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang berasal dari situs yang memiliki konten yang cukup banyak (tidak sekedar kumpulan link / link farming) dan konten tersebut relevan dengan konten situs anda.

Berikut ini 6 cara yang dapat kita lakukan untuk membangun backlink yang berkualitas untuk situs anda.

1. Submit ke Direktori

Ini mungkin merupakan cara yg paling klasik digunakan sejak dahulu di Internet. Jika anda mengincar pasar Indonesia anda bisa mencari direktori-direktori Indonesia ini dengan google, ketik saja “direktori indonesia” atau “direktori + keyword utama (produk/jasa) anda”, maka akan muncul direktori-direktori online yang bisa anda gunakan untuk mendaftarkan alamat url anda.

Untuk pasar Internasional, prosesnya hampir sama, namun karena jumlahnya sangat banyak, anda bisa memprioritaskan pendaftaran link anda pada direktori-direktori yg memiliki Page Rank tinggi (untuk melihat page rank sebuah situs anda bisa menginstall Google Toolbar di browser anda).

Jika anda tidak punya waktu untuk mendaftarkan link anda pada ratusan direktori, anda bisa menggunakan jasa pendaftaran direktori yg juga banyak tersedia di Internet. Jasa pendaftaran yg kami sarankan adalah yg pendaftarannya dilakukan oleh manusia, bukan oleh mesin/script program. Salah satu jasa pendaftaran yg harga dan sevicenya cukup bagus adalah: Article Aware (affiliate link).

2. Article Marketing

Konsep artikel marketing adalah, anda membuat artikel pendek (400-600 kata), kemudian artikel tersebut anda submit ke artikel direktori yang banyak tersedia di Internet. Pada akhir artikel anda, anda dapat mencantumkan resource box yg berisi nama anda sebagai pengarang artikel, cerita sekilas ttg anda dan sekaligus link situs anda. Jika pendaftaran anda diterima oleh artikel direktori maka artikel ada akan tercantum pada direktori tersebut (sekaligus link situs anda).

Dan apabila artikel anda memang sangat menarik, bisa saja artikel anda dipergunakan oleh publisher-publisher ezine atau blogger dari seluruh dunia untuk mengisi situs mereka, tentu saja dengan tetap mencantumkan resource box anda pada artikel tersebut. Apabila efek viral ini terjadi, jumlah backlink anda akan tumbuh dengan cepat.

Jika anda mengincar pasar Indonesia, cara terbaik adalah anda men-submit artikel anda di Detik Publishing. Jika anda mengincar pasar Internasional, anda bisa mencari direktori artikel di Internet dengan mengetik “Article Directory” di Google. Salah satu direktori artikel yg saya sarankan adalah: Ezine Articles.

Disitus tersebut anda juga bisa mengamati bagaimana para publisher handal membuat artikel-artikel yg menarik dan bagaimana mereka menggunakan resource box mereka dengan baik.

Kendala pertama yg biasanya dihadapi oleh para artikel marketer (sebutan untuk marketer yg serius menjalankan strategi ini) adalah dalam mendistribusikan artikel yg dibuatnya ke ratusan direktori artikel yg ada di Internet.

Kendala berikutnya adalah menyangkut ‘misteri algoritma ‘ google dalam menangani duplicate content (duplikasi konten). Saya sebut misteri karena sebetulnya penalti yg diberikan google terhadap situs yg memuat duplicate content dengan situs lain masih belum dapat dipastikan kebenarannya, sejauh yg saya ketahui.

Masalahnya adalah, ketika anda mendistribusikan artikel yg persis sama ke ratusan article directory di Internet, anda memiliki ‘resiko’ bahwa halaman artikel anda di ratusan direktori tersebut akan di-de-index oleh google karena terdeteksi sebagai duplicate content, yg pada akhirnya, backlink anda di artikel tsb menjadi tidak dihitung oleh goole.

Untuk menyelesaikan 2 permasalahan diatas sekaligus, saya rekomendasikan dua buah service article distribution yang menurut saya cukup layak untuk anda coba, silahkan kunjungi Article Post Robot (=affiliate link) atau Unique Article Wizard (= affiliate link) untuk informasi lebih lanjut.

3. Link Baiting

Link baiting ini merupakan cara yg paling elegan karena bener-bener menumbuhkan link secara alamiah (natural linking). Konsepnya sederhana, yaitu bagaimana caranya anda membuat konten situs yang secara alamiah menjadi pembicaraan para pengunjung situs anda dan secara alamiah juga para pengunjung situs anda tersebut kemudian menceritakan konten situs anda lengkap dengan backlink ke situs anda tersebut, dalam dunia marketing, ini mungkin suka disebut juga word of mouth marketing, viral marketing atau buzz marketing.

Efeknya bisa berupa pembicaraan mengenai konten dan link situs anda di forum-forum online, di blog-blog, di social bookmarking service seperti del.icio.us, simpy, furl, digg, dsb.

Ini beberapa artikel yg menarik untuk memunculkan ide-ide membuat link baiting content: Link Bait, The Art of Linkbaiting, Linkbaiting for Fun and Profit.

4. Link Exchange

Link exchange juga mungkin salah satu cara klasik yg cukup ampuh untuk membangun link. Agar efektif, kuncinya menurut saya adalah lakukan pertukaran link hanya dengan situs yg memiliki kesamaan topik (niche market/ceruk pasar) dengan situs/blog anda dan prioritaskan situs/blog yg memiliki Page Rank yg baik.

Memang tidak ada salahnya jika anda melakukan pertukaran dengan sebanyak mungkin situs, namun strategi ini akan cukup melelahkan anda dan tidak efektif menurut google, 10 backlink dari situs yg relevan dengan anda akan jauh lebih baik dengan ratusan backlink yg berasal dari situs yg topiknya tidak nyambung dengan anda.

Jika anda mengincar target pasar indonesia, anda bisa aktif melakukan link exchange dengan blogger-blogger Indonesia lainnya. Gimana cara menemukannya? silahkan pergi ke google –> pencarian blog –> pilih hanya blog yg berbahasa Indonesia, ketik “link exchange” atau “tukar link”.

Jika anda ingin bertukar link dengan situs Internasional, service yg saya anjurkan adalah Link Metro atau Links Junk.

5. Blog Commenting

Memberikan komentar pada blog lain merupakan salah satu cara yang paling favorit dilakukan oleh blogger-blogger Indonesia untuk membangun backlink. Cara ini sangat mudah, gratis dan secara alamiah sangat menyenangkan karena sekaligus membangun hubungan pertemanan dengan sesama blogger.

Tidak ada salahnya anda memberikan komentar kesebanyak mungkin blog yg anda temui, namun sekali lagi jauh lebih efektif jika anda memprioritaskan pada posting-posting yang memiliki kesamaan topik/niche market/ceruk pasar dengan anda dan blog-blog yang memiliki page rank tinggi (tidak sedikit blog yg memiliki page rank 7).

Bagaimana cara menemukannya blog-blog tersebut? silahkan pergi ke google –> pencarian blog –> pilih hanya blog yg berbahasa Indonesia atau bahasa lain sesuai target pasar anda, ketik topik/niche market/ceruk pasar anda, akan muncul blog-blog yg dapat anda beri komentar. Untuk mengecek page rank sebuah situs anda bisa mendownload dan menggunakan Google Toolbar yg gratis.

Cara yg lebih profesional adalah anda menggunakan software seperti Fast Blog Finder (=affiliate link), yang dapat secara cepat menemukan blog-blog yg setema dengan anda berikut informasi-informasi penting lainnya termasuk Page Rank mereka.

6. Social Media Marketing

Social media marketing mungkin adalah cara terbaru yg banyak dilakukan oleh para Internet Marketer untuk membangun backlink.

Konsepnya adalah, anda mem-bookmark situs anda pada situs-situs Web 2.0 (social media) yg saat ini cepat sekali bermunculan di Internet. Situs-situs seperti digg, del.icio.us, furl, simpy, onlywire, dsb, dimana anda bisa menyimpan dan mensharing bookmark dan news anda secara online, dan kemudian member lain dapat melakukan rating terhadap konten yg anda submit tersebut, biasa juga disebut situs Web 2.0.

Panduan untuk melakukan social media (web 2.0) marketing yg menurut saya sangat bagus dan dapat membuka mata anda ttg hal ini adalah Authority Blackbook (=affiliate link) yg dikarang oleh Jack Humphrey dan dapat didownload secara gratis.

Demikian 6 Cara Ampuh (paling tidak menurut saya), yg dapat membantu anda membangun backlink ke situs anda, semoga bermanfaat.

Thx : Mr Karnadi

0 Response to "6 Cara Ampuh Membangun Quality Backlink"

Post a Comment

Followers