Tips Populerkan Blog

On Friday, March 20, 2009

Ungkapan diatas menyarankan kita supaya menjadi diri sendiri. Bagus sih, tapi rupanya hal itu sering dilupakan oleh para pemilik blog di Internet. Termasuk saya.

Banyaknya situs maupun blog baru yang tumbuh dan bertebaran di internet akhir-akhir ini membuat saya sering berpikir. Apakah blog saya mampu bersaing dengan mereka? padahal bersaing dengan blog yang senior pun masih sulitnya minta ampun.

Jadi jika anda mempunyai ide yang super duper kuper jenius untuk meluncurkan sebuah blog yang belum terpikirkan oleh orang lain, maka anda harus siap-siap untuk menabahkan hati jika nanti blog anda akan memiliki kembaran, secara sengaja maupun tidak.

Hal itu memang tidak bisa dihindari, mengingat dengan banyaknya plagiator yang sangat bersemangat sekali untuk mencontek ide, desain bahkan konten blog tsb. Namun seiring berjalannya waktu blog tersebut haruslah menemukan jati dirinya jika ingin bertahan di ganasnya persaingan dalam rimba informasi bernama internet.

Bisakah Blog saya populer dengan Instan?

Tampil dalam urutan 10 besar dalam paman Google memang bukan perkara yang mudah. Banyak trik yang biasa dilakukan oleh para webmaster diantaranya adalah search engine optimation, search algorithm, meta tag, keyword dan lain-lainnya lah aku belum begitu hapal.

Tapi ingat bahwa menurut survei yang orang lain (nama samaran) lakukan bahwa terdapat sekitar 250.000 halaman baru yang bertambah setiap harinya di internet dan kamu silahkan ngebayangin jika kesemuanya itu ingin masuk pada jajaran 10 besar pada search engine.

Berita baiknya adalah menurut survei yang orang lain juga lakukan adalah terdapat 1 milyar lebih pengguna internet di seluruh dunia dan terus bertambah setiap harinya. Jadi walaupun blog kamu tidak tampil dalam peringkat atas pada search engine, bukan berarti blog kamu tidak populer.

Jadi gimana dong untuk mengukur popularitas blog saya? Untuk mengukur popularitas sebuah blog kita bisa ukur dari frekuensi kunjungan pengguna.

Web Counter

Untuk mengukur frekuensi kuantitas pengguna bisa menggunakan web counter a.k.a hit counter. Sebuah web counter akan menghitung jumlah pengunjung yang mengakses blog kamu.

Banyak sekali situs yang menawarkan jasa gratis perhitungan web counter yang bisa kamu pilih. Tinggal cari aja di Google dengan kata kunci “web counter”, atau yang seperti saya gunakan sekarang yaitu di www.redcounter.net.

Sayangnya web counter ini tidak 100% bisa dipercaya, selama angka pada web counter bisa dimodifikasi oleh si pemilik situs. percuma dong ping

Statistik Web

Statistik web umumnya memberikan informasi lebih baik daripada yang angka yang ditunjukkan web counter. Dan kamu bukan hanya bisa melihat dalam bentuk angka saja, akan tetapi bisa dalam bentuk tabel dan grafik.

Salah satu situs yang menawarkan jasa web analytic yang sering digunakan adalah www.goingup.com.

Web Rank

Ini yang paling sering menjadi tujuan utama para blogger yaitu page rank. Mungkin karena mudah dipahami dan langsung mengena pada sasaran tembak.

Kita bisa mengambil contoh www.alexa.com, yang saya tahu bahwa situs yang masuk dalam daftar 500 besar Alexa.com merupakan situs yang sudah tidak diragukan lagi popularitasnya. Kayak Blognya mas Anang ini. Jika blog kamu masih dalam peringkat yang kurang baik dari Alexa maka kamu harus memperbaiki layanan atau memperkenalkan blog kamu lebih luas lagi.

Tips pasti populerkan blog kamu

Memang enak kalau blog kita nangkring di peringkat 10 besar paman Google dan juga memiliki statistik yang baik, tapi bagaimana caranya?

Sebelum kita menuju tips-nya terlebih dahulu kamu mesti ingat bahwa untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya tidak atau jarang sekali dapat dicapai secara instan dan tanpa usaha yang maksimal juga. ups

Begitu juga dengan popularitas blog anda, yang merupakan suatu proses yang harus dibangun dengan sungguh-sungguh. Beberapa caranya adalah :

* Buat hubungan timbal balik yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) dengan bertukar link dengan blog lain. Bisa melalui tukar banner seperti blog ini. Promosi mode : ON
* Ikut aktif dalam komunitas seperti forum, mailing list dan sering-seringlah blogwalking. -Komunitas tugupahlawan.com patut dicoba-
* Tekankan pada kualitas bukan kuantitas. Pelajari apa yang paling diinginkan pengunjung dan perbaiki. Lebih baik mendapatkan 5 pengunjung yang menghabiskan waktu sekitar 30 menit di blog kamu daripada 100 pengunjung yang membuka blog kamu hanya dalam hitungan detik.
* Daftarkan situs anda pada direktori online.
* Buat artikel atau ebook gratis dan tambahkan link menuju ke blog kamu dan publikasikan pada tempat yang sesuai.
* Perkenalkan blog anda dengan sopan dan tidak melanggar etika blogger.
* Buatlah stiker lalu pasang pada tempat-tempat strategis seperti di helm, dasbor, kaca mobil, belakang laptop, pohon-pohon bahkan kalau perlu buatlah kaos dan bagikan kepada para tukang becak seperti yang dilakukan oleh para politikus negeri ini. Alirkanlah sedikit kreativitas…
* Sangat tidak disarankan untuk melakukan spam, bomb email, program robot atau dalam bentuk apapun yang mengganggu kenyamanan orang lain hanya untuk popularitas, haram hukumnya.
* Belajarlah dari para blog senior lain yang lebih populer dan mampu bertahan lama, karena mereka membangun kualitas dulu sebelum mendapatkan kuantitas.
* Banyak-banyaklah berdoa.

Akhir dari semua tips ini adalah kembali pada tujuan sebenarnya blog kamu. Yaitu adalah diperuntukkan agar orang lain dapat memetik manfaat dari tulisan kamu. So, juri sebenarnya bukanlah Google atau Alexa, pengunjunglah juri sebenarnya untuk menentukan kualitas blog kamu. Dan para pengunjung setialah yang akan terus membuat blog kamu bertahan di atmosfer Blogosphere ini. fin

terinspirasi dari : PC Media, 2008, Populerkah situs anda?

Dari :http://thechidori.blog.friendster.com

0 Response to "Tips Populerkan Blog"

Post a Comment

Followers