Cara membuat Form "Email Subscriber"

On Saturday, March 21, 2009

Seperti yang kamu lihat, disebelah kanan blog ini ada sebuah kotak yang berisi kotak untuk mengisikan alamat email dan sebuah tombol yang ada tulisan "Berlangganan Trik Baru". Nha dalam trik dan tips kali ini kita akan belajar kelompok tentang bagaimana membuat kotak tersebut. Oh ya, perlu dijelasin dulu nih apa fungsi dari form tersebut. Form tersebut fungsinya adalah untuk mempermudah para pembaca blog kita agar bisa berlangganan atau mendapatkan info terbari postingan kita melalui email mereka. Jadi jika memposting artikel baru maka para pelanggan/pembaca yang sudah memasukkan email mereka melalui form tersebut akan secara otomatis mendapatkan kiriman email yang berisi postingan terbaru kita. Mudeng ra? wes pokoke ngono lah.
Beginilah cara membuat form "Email Subscriber" tersebut :

1. Kunjungi situs ini : http://www.feedburner.com
2. Saat pertama kali datang kamu akan langsung disodori kotak untuk mengisikan alamat feed blogmu yang akan dibakar
3. Biasanya alamat feed blog kamu seperti ini http://NAMABLOGMU.blogspot.com/feeds/posts/default , ganti tulisan NAMABLOGMU dengan nama alamat blogmu.
3. Isikan nama feed blogmu tadi dalam kotak yang disodorkan tersebut, jika blogmu itu isinya hanya video2 maka beri tanda centang pada kotak "I am a podcaster", jika tidak ya gak usah dicentang. Kemudian klik tombol "next"
4. Setelah itu kamu akan disodori lagi dengan form pendaftaran, isikan data2 yg diperlukan disana, trus klik tombol "Activate Feed"
5. Nha kalo berhasil nanti akan ada informasi "Congrats! your ......".
6. Dibawahnya akan ada tombol "Next" dan link "Skip directly to feed management" kali ini pilih yang link "Skip directly to feed management", sebenarnya lewat tombol "next" bisa sih tapi biar seru kita lewat jalan lain aja.
7 Kemudian nanti akan ada beberapa menu, kali ini pilih menu "Publicize"
8. Setelah itu disebelah kiri akan muncul beberapa menu. PIlih menu "Email Subscriptions".
9. Kemudian klik tombol "Activate"
10. Nha setelah itu nanti akan ada beberapa kotak yang berisi kode2. Nha kalo km pinginnya yang berbentuk form maka pilih kode yang ada di kotak "Subsciption Form Code".
11. Copy kode yang ada dalam kotak tadi, trus klik tombol "Save" untuk mengaktifkan layanan tersebut.
12. Cara pasangnya, Login ke blogger, pilih "layout --> Add a Gadget --> HTMl/Java Script" nha paste kode yang sudah kamu copy tadi disana.

Sekarang coba dilihat blogmu, udah ada kan form untuk "Email Subscriber".

Trus kalo mo nampilin jumlah reder yang berlanganan gini caranya :
- Login ke feedburner kemudian pilih feed blogmu
- Trus masuk ke menu "Publicize --> FeedCount" nha disitu scriptnya yang harus km copy dan pasang di blogmu.

0 Response to "Cara membuat Form "Email Subscriber""

Post a Comment

Followers