Tips Membeli Ponsel Lokal

On Thursday, March 19, 2009

Kompetisi ketat ponsel dimata konsumen saat ini berlangsung dengan dahsyat. Apalagi, selain kebanjiran ponsel buatan negeri tirai bambu china, ponsel-ponsel lokalpun tak kalah mutu dan modelnya serta tahan banting. Namun, tentu saja dengan kian beragam dan membanjirnya produk ponsel yang ditawarkan, konsumen di sarankan untuk berhati-hati menentukan pilihan sebelum membeli. Berikut ini adalah sejumlah tips bagi konsumen untuk membeli ponsel lokal.




Cek fitur
Ada baiknya sebelum membeli cek semua fitur yang ada. Coba bluetooth, Infra merah, kamera, musik, TV, radio dan kawan-kawan. Cek juga firmware HP tersebut. Kalau semua lancar dan tidak ada kejadian hang serta tidak lemot, maka ponsel tersebut masih pantas untuk dimiliki.

Cocokan spesifikasi
Jangan ragu untuk mencocokan spesifikasi yang ada di kardus HP atau di brosur dengan HPnya. Karena biasanya beberapa HP lokal tidak sesuai dengan spesifikasinya. Misalnya, dikardus dan di HP tertulis kamera berkekuatan 2 megapiksel, tapi kenyataannya hanya bisa menghasilkan foto berkualitas VGA.

Cek kelengkapan aksesories
Cek perlengkpan HP mulai dari charger, kabel data, headset, CD PC suite hingga kartu memoti external.

Periksa buku manual
Menurut Ditjen Postel, HP yang beredar di indonesia harus disertakan buku panduan berbahasa Indonesia. Perhatikan juga isi buku panduan tersebut. Beberapa buku panduan hanya memjelaskan fitur-fitur yang ada pada HP tampa menjelaskan langkah-langkah menggunakan fitur yang tersedia pada ponsel.

Perhatikan bahasa pada ponsel
HP yang beredar di Indonesia juga harus memiliki bahasa Indonesia di salah satu bahasanya. Standarnya memang seperti itu. Tidak hanya HP China, tapi merk lain seperti Nokia dan lain-lainnya.

Perhatikan garansi ponsel
Perhatikan garansi dari HP. Pastikan kamu mendapat garansi minimal selama 1 tahun.
Dan pastikan garansi tersebut asli bukan asli-aslian. Jangan mau beli HP baru dikasih garansi sejam.

Dengan memperhatikan beberapa tips diatas, 99 persen para pengguna ponsel lokal mendapatkan ponsel lokal yang bagus dan tahan lama.

0 Response to "Tips Membeli Ponsel Lokal"

Post a Comment

Followers